Artikel ini akan membahas tentang bagaimana perkembangan komputer dari awal sampai sekarang.

Sekarang kita pelajari dulu dari awal ya,

Istilah Komputer berasal dari bahasa latin, yaitu computare, dan dalam bahasa Inggris to compute yang sama-sama berarti menghitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi.

Komputer sekarang merupakan hasil panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah Elektronik. Komputer sendiri dapat diartikan sebagai peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara satu komponen dengan komponen yang lainnya untuk menghasilkan suatu informasi yang kita butuhkan.

  • Komputer Generasi Pertama

Dengan terjadinya perang dunia kedua, semua negara ingin mengembangkan komputer. Salah satu tujuannya untuk membuat desain pesawat tebang dan senjata yang terbaik.

Komputer Generasi pertama lebih cenderung dengan instruksi operasi yang dibuat untuk tugas tertentu saja. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Dan komputer generasi pertama berukuran sangat besar.

  • Komputer Generasi Kedua

Pada tahun 1948, untuk penemuan transistor sangat  mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.

Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Dan bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Dan yang paling bayak terjadi adalah mulai banyak profesi pekerjaan baru, seperti programmer, ahli sistem komputer, dll.

  • Kompter Generasi Ketiga

Memang computer generasi kedua menggunakan transistor, tetapi transistor mempunyai panas yang sangat besar, jadi merusak sebagian komponen lainnya.

Kemajuan komputer generasi ketiga yaitu penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara bersama.

Dan seorang ilmuan berhasil memasukkan komponen-komponen masuk kedalam chip, jadi bentuk computer juga bisa semakin kecil.

  • Komputer Generasi Keempat

Komputer tidak lagi hanya ada di perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, yang bisa digunakan oleh masyarakat biasa. Dan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

Dan generasi ini sudah ada alat seperti oven, televisi, dan video game

  • Komputer Generasi Kelima

Generasi kelima masih sangatlah muda dan masih dalam perkembangan sampai sekarang. Kemajuan adalah  dalam kemampuan pemrosesan paralel.dan akan berkembang terus dan akan membuat computer yang lebih canggih dari sebelumnya.

Terima kasih atas perhatiannya,

By Egy Nadya