PERANCANGAN SMARTHOME BERBASIS IOT

 Sekarang ini mulai banyak bermunculan istilah smart home system dalam iklan pemasaran produk properti hunian yang ditawarkan berbagai pengembang properti di Indonesia. Teknologi sistem rumah pintar ini dinilai sebagai pembawa angin segar dengan berbagai kecanggihan baru yang sebelumnya tidak pernah ada di dalam sebuah hunian.

Smart home system merupakan sistem pengelolaan rumah yang diintegrasikan dengan teknologi tingkat tinggi. Dengan ini Anda sebagai pemilik rumah lebih mudah mengatur berbagai peralatan rumah. Dengan memiliki rumah berbasis smart home technology, Anda akan menikmati kenyamanan dan kemudahan yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Lalu, sebenarnya apa itu smart home system? Smart home system adalah sistem otomatisasi rumah yang memungkinkan Anda untuk mengontrol banyak aspek hunian melalui sebuah gawai. Aspek hunian yang dapat diatur melalui smart home technology dapat bervariasi. Mulai dari pengaturan cahaya, pengaturan suhu ruangan, pengaturan fasilitas hiburan dan pengaturan berbagai perabot rumah lainnya. Smart home system juga dapat mencakup pengelolaan aspek keamanan seperti sistem pengaturan alarm. Dengan teknologi mutakhir ini, keamanan dan kenyamanan hunian Anda menjadi sangat mudah diakses melalui gawai yang berada dalam genggaman. Pusat pengaturan smart home system umumnya berupa user interface (UI) atau antarmuka pengguna.Ini dapat berupa gawai yang menempel pada dinding, atau UI pada perangkat komputer, baik itu dalam bentuk komputer desktop, tablet, situs web, atau aplikasi pada ponsel pintar.

Smart home system merupakan sistem rumah pintar yang dapat dicapai karena adanya smart home technology yang mutakhir. Smart home technology adalah istilah umum yang dipakai untuk menyebut berbagai fasilitas rumah yang telah dilengkapi dengan fitur teknologi komunikasi. Teknologi ini dapat diaplikasikan pada berbagai peralatan, di antaranya: Peralatan pengatur lingkungan seperti sistem pencahayaan, penghangat, pendingin ruangan Sistem keamanan rumah, sistem hiburan di rumah Peralatan rumah tangga seperti pembuka pintu garasi, kulkas, dan mesin cuci.

 Berikut ini beberapa keunggulan smart home system :

  • Memudahkan pengaturan

Semua pengaturan yang Anda lakukan seperti menyalakan lampu dan mengawasi keamanan rumah menjadi sangat mudah dengan smart home technology. Beragam pengaturan dapat Anda lakukan dengan lebih cepat dan mudah, bahkan dapat dilakukan dari luar rumah.

  • Lebih efisien dan hemat energi

Tak akan ada lagi usaha yang tidak perlu dan energi yang terbuang percuma dengan penggunaan sistem rumah pintar.  Semuanya dapat Anda lakukan dengan cepat lewat beberapa sentuhan saja pada layar ponsel.

  • Memberikan rasa tenang

Sistem keamanan dapat lebih dijalankan dengan ketat dengan smart home system. Anda pernah merasa lelah tapi belum menyalakan lampu saat hari mulai petang? Dengan teknologi ini, Anda dengan mudah dapat memeriksa semuanya via gawai Anda.

  • Kenyamanan tingkat tinggi

Memiliki rumah berbasis smart home technology, Anda dapat mengatur beragam hal dari sofa atau kasur Anda yang empuk, hanya tinggal menyentuh layar gawai.

Alat dan bahan yang digunakan dalam perancangan smart home berbasis IOT ini, antara lain:

  1. NodeMCU dan Board Base
  2. Stepdown
  3. Relay
  4. Arduino Uno
  5. Power Suply Adaptor
  6. Fitting Lampu dan Lampu

Fitur/Konsep SmartHome pada simulasi ini yaitu :

  1. Lampu berada pada kendali jarak jauh melalui website, dan juga bisa dikontrol dengan
  2. Terdapat sensor suhu, dan cahaya di ruang tamu untuk menginformasikan pemilik rumah tentang keadaan di ruang tamu , khususnya kondisi suhu dan cahaya .
  3. Alat-alat lain berguna sebagai pembuat program : Arduino, NodeMCU. Dan pengatur arus listrik : Power Supply, Stepdown, Relay.
Smart Home atau Rumah Pintar merupakan bagian dari inovasi Internet of Things, dimana semua benda atau perabotan sehari-hari yang akrab dengan kehidupan masyarakat ‘dipintarkan’ karena integrasi teknologi dalam bentuk chip serba bisanya. Dalam hal Smart Home, Internet of Things akan hadir dalam rupa barang-barang yang biasa ditemui di rumah orang kebanyakan.Smart Home hadir untuk memudahkan para penghuni rumah dalam mengatur segala hal yang berhubungan dengan kenyamanan diri sebagai penghuni rumah, mulai dari soal keamanan  yang dibuat lebih interaktif dan bisa ‘dikontrol’ melalui satu alat saja, yakni aplikasi pada smartphone atau perangkat lainnya.

 Anggota Kelompok :

  1. Citra Mirna Wati 1855201005
  2. Yusuf Ashari 1855201007
  3. Dhiazmie Ayu Ningsih 18552010027
  4. Safrinadi Ilham 1855201047
  5. Bukhori Muslim 1855201033