Profil Lulusan

Dengan mengacu pada deskripsi umum KKNI jenjang enam (6) dan Rekomendasi  Hasil Kongres Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) tahun 2019 serta Visi-Misi dan Kemampuan Program Studi S1 Ilmu Komputer UNU Blitar, maka profil lulusan S1 Ilmu Komputer UNU Blitar paling tidak bisa berperan sebagai berikut:

NO Profil Lulusan Deskripsi Profil
1 Pengembang Perangkat Lunak

(Software Developer)

Peran yang mencakup perancang, pembuat, penguji, dan pengevaluasi pembuatan Perangkat Lunak berbasis desktop, web, maupun mobile sesuai kebutuhan pengguna. Hingga pembuat aturan bisnis, menyiapkan sumber daya pendukung sistem agar tujuan/ permasalahan bisnis organisasi dapat tercapai/diselesaikan dengan efisien dan efektif melalui bantuan Sistem.

Peran ini dapat dilakukan diantaranya oleh App Developer, Full stack Programmer, Manajer Proyek SI/TI, Analis Sistem (System Analyst), Analis Sistem Bisnis (Business System Analyst), dan Software Analis.

2 Data Scientist, Data Enginer, dan Data Analyst Peran yang mencakup mendapatkan dan memproses dengan algoritma untuk mendapatkan solusi serta menerjemahkan hasil pemrosesan ke dalam bentuk laporan sehingga mudah dimengerti.

Peran ini dapat dilakukan diantaranya sebagai Data Scientist, Data Expert, Ahli Data, Pengolah Data dan Analis Data.

3 Konsultan TI

(IT Consultant)

Peran yang mencakup supervisi, evaluasi dan konsultasi solusi teknologi informasi, serta integrasi berbagai proses bisnis yang difasilitasi dengan SI/TI termasuk di level enterprise.

Peran ini dapat dilakukan diantaranya oleh Konsultan Jaringan dan Keamanannya, Konsultan SI/TI, Enterprise Architect, dan Spesialis ERP.

4 Technopreneur Peran yang mencakup App Developer, Web Developer, Robotika dan Sistem cerdas, perdagangan berbasis elektronik, pembangun usaha mandiri/pewirausaha (entrepreneur) di bidang teknologi informasi.

Peran ini dapat dilakukan diantaranya oleh Software Developer, Konsultan SEO, Trainer Robot dan Iot, internet/digital marketing.